Cara Mengatasi HP Lemot Terbukti Ampuh!

Lemot adalah sebuah kondisi yang paling tidak disukai dalam berbagai hal. Tidak hanya saat Anda sedang menaiki kendaraan umum atau pun saat Anda sedang mengantri. Pasalnya, kondisi lemot ini juga akan sering terjadi pada hp atau pada laptop yang Anda miliki.

Sangat menyedihkan, tetapi ada banyak alasan untuk hal ini. Ketika sesuatu harus dilakukan dengan cepat, terkadang kondisi telepon kita tidak mendukungnya, jadi Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan telepon lemot dan bagaimana mengatasi masalah ini.

IKLAN

Ini Dia Cara Mengatasi HP Lemot agar Tidak Nge-lag

Cara-cara ini bisa Anda gunakan sedini mungkin saat sudah mulai merasakan hp berjalan pelan alias lemot. Cara mengatasi hp lemot ini mudah untuk digunakan dan tebukti sukses dalam membuat hp kembali normal.

Hp lemot sebenarnya tak hanya didasari pada memori saja sehingga Anda juga harus mengetahui apa saja faktor yang akan mebuat hp berjalan lemot. Cara mengatasi hp lemot ini bermacam-macam yang mana bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan juga keadaan.

  • Perhatikan jumlah memori

perhatikan jumlah memoriSalah satu faktor penting yang dapat berperan dalam menyebabkan hp lemot adalah memori. Pastinya setiap hp akan memiliki memori yang berbeda-beda tergantung dari hp bawaannya.

IKLAN

Hal inilah yang harus Anda cek pertama kali saat hp Anda sudah mulai terasa lemotnya. Carilah hp yang memiliki kapasitas memori internal yang besar. Pasalnya, dengan kapasitas yang besar ini maka dapat membuat hp berjalan dengan normal kembali.

Cara lain yang bisa dilakukan saat hp Anda lemot karena memori internal ini adalah jangan menyimpan banyak folder atau file di memori internal. Namun, simpanlah hanya di memori external sehingga memori internal tidak penuh dan hp tidak akan berjalan dengan lemot nantinya.

Saat Anda merasa membutuhkan kapasitas penyimpanan yang tinggi ini, maka carilah hp yang memiliki RAM atau pun memori internal yang besar. Atau Anda bisa mengakali dengan menggunakan bantuan kartu sd sehingga Anda akan tetap bisa leluasa dalam menggunakan hp yang Anda miliki.

IKLAN
  • Gunakan aplikasi serbaguna

aplikasiCara mengatasi hp lemot yang selanjutnya adalah memaksimalkan dalam pemakaian. Jika Anda adalah tipikel orang yang membutuhkan banyak aplikasi, maka pilihlah apliaksi yang bersifat serbaguna.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada pemakaian memori pada hp Anda, sehingga, jangan banyak-banyak menggunakan aplikasi. Namun, gunakan aplikasi satu saja namun yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal lain yang berguna nantinya.

Salah satu jenis aplikasi yang bisa disebut sebagai cara mengatasi hp lemot adalah aplikasi Apps2SD. Di mana aplikasi ini merupakan jenis aplikasi yang serbaguna yakni dapat mendapatkan fungsi backup aplikasi, link aplikasi, dan juga partisi SD card. Sehingga akan sangat bermanfaat bagi hp Anda dalam menghilangkan hp yang lemot.

  • Gunakan 1 aplikasi saja

anti virusSalah satu hal yang banyak digunakan oleh orang adalah aplikasi antivirus. Orang cenderung takut dan khawatir akan berbagai macam virus yang dapat menyerang. Sehingga, mereka akan memasang aplikasi antivirus lebih dari satu macam.

Hal ini tentunya sangat tidak disarankan karena penggunaan aplikasi yang berlebihan hanya akan membuat penggunaan memori semakin besar. Sehingga, cara mengatasi hp lemot  adalah gunakan satu aplikasi saja namun yang dapat memback up semuanya.

  • Auto kill

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang adalah menggunakan aplikasi namun lupa tidak menutupnya kembali. Hal ini justru akan membuat hp menjadi lemot. Pasalnya, aplikasi yang tidak ditutup dengan sempurna ini akan memakan penggunaan memori dan juga RAM. Sehingga hp akan menjadi lemot.

Salah satu cara mengatasi hp lemot adalah dengan menggunakan fitur auto kill. Yakni aplikasi akan segera ditutup secara otomatis saat sudah tidak digunakan sehingga akan sangat membantu Anda dalam mengatasi hp lemot Anda.

  • Gunakan aplikasi berbayar

Cara mengatasi hp lemot yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi berbayar. Mungkin saat mendengarnya, Anda sudah malas untuk mencobanya. Pasalnya, aplikasi berbayar ini tak bisa didapatkan dengan biaya yang murah.

Sehingga kebanyakan orang akan lebih memilih menggunakan aplikasi yang gratis karena tak perlu mengeluarkan banyak uang saat ingin memakainya. Namun, hal ini justru hanya akan membuat hp Anda menjadi lemot.

Pasalnya, saat menggunakan aplikasi gratis maka Anda akan menjadi sebuah kelinci percobaan oleh pihak pengembang. Hal ini justru akan membuat Anda rugi. Tak hanya itu, saat menggunakan aplikasi gartis, maka akan ada banyak sekali iklan yang akan mengganggu Anda sata penggunaan aplikasi sehingga hp akan menjadi sangat lemot.

  • Segera update ke versi terbaru

cara mengatasi hp lemot dengan cara updateOrang terkadang akan salah dalam menafsirkan jika terdapat pembaruan software maka mereka mengira akan memakai memori yang ada. Hal ini justru merupakan kebalikannya di mana saat Anda tidak melakukan update terhadap software, maka hp Anda akan berjalan dengan menggunakan system yang lama.

Cara mengatasi hp lemot ini bisa diatasi dengan selalu mengupdate setiap perintah update dalam hp Anda. Selain bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, update ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih menakjubkan. Sehingga jangan sungkan untuk melakukan update pada hp Anda.

  • Kurangi penggunaan widget

kurangi penggunaan widgetCara mengatasi hp lemot yang selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan widget. Widget adalah sebuah tambahan aplikasi yang akan membuat hp Anda terlihat lebih menarik dengan berbagai macam tampilan yang ada.

Bukan hanya itu saja, widget ini juga sering dijadikan sebagai jalan pintas untuk penggunaan aplikasi. Namun, penggunaan widget ini hanya akan menghabiskan penggunaan RAM saja. Sehingga tak perlu menggunakan widget sehingga hp akan terhindar dari serangan lemot dan bikin kesal.

  • Hentikan aplikasi yang tak terpakai

hapus aplikasi yang tidak terpakaiSalah satu kebiasaan yang terkadang sering dilakukan adalah malas untuk menutup aplikasi kembali. Hal ini justru akan semakin memperparah dalam penggunaan RAM yang ada. Sehingga cara mengatasi hp lemot yang selanjutnya adalah matikan setiap aplikasi yang sudah tak digunakan untuk lebih mengehemat dan juga mengefisiensikan sebuah RAM yang ada.

Bukan hanya itu saja, saat hp sudah terasa lemot, maka Anda juga harus segera melihat dan juga mengecek kira-kira aplikasi apa saja yang sudah tak terpakai. Jangan tumpuk terlalu lama segera hapus saja agar hp yang Anda miliki tak berjalan dengan lemot.

Jadi, untuk mengatasi hp lemot terdapat banyak cara yang bisa diterapkan. Selain cara di atas, masih terdapat banyak cara mengatasi hp lemot yang bisa dilakukan seperti hal-hal yang sederhana seperti mengurangi pemakaian animasi pada hp atau mengurangi gambar-gambar yang tak perlu, dan juga masih banyak lagi cara yang bisa digunakan untuk membuat hp agar tak berjalan pelan.