Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya

HP android adalah jenis HP yang paling banyak digunakan. Ada banyak merk yang menjualnya dengan berbagai tipe dan spesifikasi. Harganya beragam dan berkisar dari satu juta hingga puluhan juta rupiah. Meskipun mahal, ada beberapa alasan mengapa hp android lemot, dan solusinya sangat mudah.

Saat HP Android baru dibeli, aplikasinya jelas berjalan lancar, tetapi seiring berjalannya waktu, akan ada masalah dengan penggunaannya. HP yang lemot adalah masalah paling umum bagi pengguna Android. Ini terutama terjadi saat menjalankan aplikasi berat.

IKLAN

Sayangnya, metode paling sederhana untuk melakukannya adalah menekan tombol "bersihkan" di aplikasi pembersih. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajari penyebab HP android lemot dan cara mengatasi masalah tersebut bersama.

Ini Dia 4 Penyebab HP Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Tidak ada yang lebih membuat pengguna Android jengkel selain HPnya yang tiba-tiba lemot. Jika lemot HP Android disebabkan oleh hal-hal yang tidak terlalu serius, seperti kerusakan hardware, Anda pasti dapat menyelesaikannya sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab lemot HP Android:

  1. Memori Internal Terlalu Penuh

penyebab hp android lemot dan cara mengatasinya

IKLAN

Memori internal adalah ruang penyimpanan yang digunakan oleh berbagai aplikasi. Menginstal lebih banyak aplikasi akan membuat memori internal penuh. Kondisi seperti ini akan menurunkan kinerja RAM dan prosessor juga. Dengan demikian, HP akan menjadi sangat lemot.

Salah satu cara untuk mengatasi HP yang lemot karena memori internal terlalu penuh adalah dengan mengurangi kapasitas memori. Hapus aplikasi yang tidak digunakan. Anda harus membersihkan cache aplikasi yang menumpuk juga. Hal ini akan mengurangi lemot HP android dan mengurangi beban RAM.

  1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

terlalu banyak aplikasi yang berjalan

IKLAN

Kita sering membuka banyak aplikasi sekaligus di HP android, dan terkadang kita juga menutup aplikasi yang tidak digunakan. Beberapa aplikasi di Android tidak otomatis tertutup dengan menekan tombol home, dan beberapa akan tetap berjalan di latar belakang, mengganggu kinerja HP.

Penyebab HP android lemot adalah dengan menutup aplikasi yang tidak terpakai melalui manajer aplikasi. Caranya cukup mudah: buka aplikasi terbaru pada Android dan tekan aplikasi yang tidak terpakai agar tertutup dengan sempurna.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Lemot Terbukti Ampuh!

  1. Terlalu Banyak Memasang Widget

terlalu banyak widget

Semua HP memiliki widget bawaan yang dapat dipilih oleh pengguna dan ditampilkan di layar utama HP android. Penggunaan widget membuat tampilan HP lebih menarik, tetapi terlalu banyak widget dapat membuat HP android lemot.

Pastikan untuk hanya memasang widget yang benar-benar memiliki fungsi penting, karena penyebab HP android lemot adalah widget yang tidak diperlukan.

  1. Tidak Memasang Aplikasi Pembersih

tidak memasangan aplikasi pembersih

Aplikasi pembersih harus ada di HP android. Aplikasi ini akan mengingatkan pengguna jika terlalu banyak cache yang menumpuk. Menggunakan aplikasi ini, proses pembersihan cache akan menjadi lebih mudah dan pemanfaatan memori akan menjadi lebih optimal.

Sekarang Anda tahu alasan HP android lemot dan cara menyelesaikannya, Anda bisa membuatnya berfungsi dengan lancar seperti biasa. Namun, pastikan untuk menggunakan HP android dengan bijak agar tahan lama.