Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo / IM3 Terbaru Juli 2019

Cara Cek Kuota Indosat - Kali ini kita akan membahas mengenai cara cek kuota Indosat Ooredoo / IM3 dengan mudah. Terkadang, sebagian orang kesulitan untuk mengontrol penggunaan kuota paket internet yang dimilikinya. Kebiasaan inilah yang menyebabkan data kuota anda cepat habis.

Sehingga anda tidak bisa terhubung ke jaringan internet untuk sekedar chatting, browsing, atau kegiatan lainnya. Jika paket internet anda habis tanpa disadari, maka sisa pulsa anda yang dipakai untuk dapat terkoneksi dengan internet. Maka anda perlu membatasi pemakaian internet dengan maksimal agar tidak terjadi pemborosan.

IKLAN

Cara lain untuk melihat kuota paket data internet adalah melalui SMS, telepon, aplikasi MyIM3, dan aplikasi Android dan IOS. Namun, aplikasi yang diberikan oleh provider biasanya hanya dapat digunakan untuk mengakses paket data internet, jadi metode manual akan sangat membantu jika paket anda habis.

Baik, bagi anda pengguna Indosat Ooredoo, dibawah ini merupakan cara untuk cek kuota internet indosat . simak baik-baik ya !

Cek Kuota Melalui SMS

Cara yang pertama adalah melalui pesan singkat atau biasa disebut SMS. Anda tidak membutuhkan jaringan internet untuk pengecekan ini.

cara cek kuota internet indosat ooredoo via sms

  • Buka Menu Pesan , lalu ketik “ USAGE ” (TANPA TANDA PETIK) , kemudian kirim SMS ke 363.
  • Tunggu hingga beberapa saat kemudian anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi informasi mengenai sisa jumlah kuota, jenis paket internet yang anda gunakan, dan juga sisa bonus yang anda miliki.

Cek Kuota Melalui Dial Up / Dial Telepon

Cara kali ini hampir sama dengan cara yang diatas, juga tidak diperlukan koneksi internet. Ini bisa dijadikan alternatif jika cara yang pertama tidak berhasil. Berikut cara cek kuota indosat ooredoo melalui Dial Up :

IKLAN

  • Pertama pilih Telepon.
  • Ketik *363# kemudian tekan panggilan / call.
  • Pilih menu Internet/Nelp/SMS (atau pilih nomor 2)
  • Lalu akan muncul opsi selanjutnya pilih nomor 8 (Status&Info).
  • Selanjutnya pilih nomor 1 (Cek Kuota)
  • Pilih nomor 1 lagi. (Paket Internet)
  • Tunggu beberapa detik kemudian anda akan menerima SMS yang isinya sama dengan cara yang pertama.

Cek Kuota melalui Aplikasi MyIM3 via Aplikasi Android

Nah untuk cara ini khusus buat pengguna android. Anda harus mengunduh dulu aplikasi yang bernama myIM3. Cara ini mengharuskan anda terhubung ke jaringan internet. Jika tidak maka anda tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Meskipun terlihat aplikasi ini lumayan sulit, tapi fitur yang ada didalam aplikasi ini cukup lengkap. Pasalnya anda tidak hanya mendapatkan informasi tentang sisa kuota saja, tapi dapat digunakan untuk berlangganan paket sms, telpon, internet, dan juga registrasi ulang kartu Indosat anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menginstall aplikasi MyIM3

  • Unduh aplikasi myIM3 di google play store terlebih dahulu. Atau klik link berikut.
  • Jika sudah install, dan anda diwajibkan untuk mendaftar pada aplikasi ini.
  • Isi kolom dengan benar, mulai dari nomor indosat , email dan kata sandi / password. Kemudian klik DAFTAR
  • Anda akan menerima kode registrasi melalui SMS, bila dalam 2 menit anda belum menerima kode tersebut, klik tombol KIRIM ULANG KODE REGISTRASI. Kemudian pilih KIRIM.
  • Jika sudah terdaftar anda dapat melihat beberapa menu, ada informasi kuota internet utama 24 jam, kuota 4G, kuota malam dan juga melakukan perubahan paket.

Cek Kuota melalui Aplikasi untuk pengguna IOS

cara cek kuota internet indosat ooredoo via aplikasi ios

Untuk step ini, sebenarnya mirip dengan cara yang ketiga. Hanya saja anda cara ini di khususkan bagi pengguna IOS atau ponsel buatan Apple. Download dahulu aplikasi MyIM3 di AppStore. Bila belum memiliki akun silahkan registrasi dahulu. Jika sudah lakukan sign-in pada menu aplikasi. Langkah-langkahnya tinggal contoh cara yang diatas. Dan jangan lupa untuk cara cek kuota internet ini hanya bisa di lakukan jika anda terhubung ke internet.

Cek Kuota melalui Modem ( Bagi Pengguna PC/ Laptop)

Para peselancar dunia maya tidak hanya melalui ponsel atau smartphone, tetapi banyak dari pengguna internet yang mengakses menggunakan PC / Laptop. Maka kali ini kita akan bahas cek kuota internet menggunakan modem.

Sebelumnya , anda diwajibkan untuk menginstall aplikasi bawaan modem. Lakukan instalasi sampai aplikasi tersebut dapat dijalankan

  • Tancapkan dan koneksikan modem dengan PC/ Laptop anda.
  • Langkah selanjutnya pastikan device anda sudah terkoneksi dengan baik
  • Pilih ikon SMS kemudian ketik USAGE dan kirim ke 363.
  • Cara ini sebenarnya sama dengan cara cek kuota melalui SMS, hanya saja ini dijalankan di beda device.

Cek Kuota melalui Setting Pengaturan pada HP

Sebelum saya bahas mungkin cara ini menurut anda kurang begitu familiar. Ini sebenarnya cara setting penggunaan data kita, jadi kita bisa mengontrol seberapa boros kita menggunakan paket data tersebut.

cara cek kuota internet indosat ooredoo via pengaturan pada telepon

  • Pertama pilih menu PENGATURAN / SETTING pada ponsel anda
  • Pilih KONEKSI / Connections
  • Pilih DATA USAGE
  • Akan muncul informasi mulai dari tanggal dan juga berapa besar kuota yang telah anda gunakan dalam beberapa waktu.

Untuk cara ini anda harus mensetting dulu setelah anda membeli atau mengisi ulang paket internet anda. Agar dapat terlihat seberapa besar penggunaan paket data kita. Anda diwajibkan mereset penggunaan data setiap anda melakukan isi ulang kuota Indosat Ooredo anda. Agar data yang nanti tampil valid dengan jumlah pembelian kuota anda. Selain itu fitur ini dapat mengatur berapa jumlah kuota limit yang akan di habiskan.

Jika nanti penggunaan kuota internet anda hampir habis , maka ponsel akan memberikan peringatan jika sisa kuota internet anda tinggal sekian MB.

Itulah beberapa cara cek kuota internet Indosat Ooredoo / IM3 yang dapat anda gunakan. Tinggal anda memilih cara mana yang anda anggap tidak terlalu ribet dan lebih efisien. Hematlah dalam menggunakan kuota internet anda. Oh ya jika anda koneksi internet anda kurang cepat ? baca artikel ini Tips mempercepat koneksi internet pada smartphone.