Penyebab Hp Android Lemot Yang Wajib Anda Tahu

Salah satu kondisi yang terbilang cukup menyebalkan adalah pada saat hp atau perangkat yang digunakan berjalan dengan sangat pelan. Hal ini akan membuat Anda kesal, geram, dan juga marah-marah dalam berbagai kondisi. Tentunya keadaan lemot tersebut tak bisa terus-terusan dijalankan. Pasalnya, waktu Anda begitu berharga jika hanya untuk mengurusi hal-hal yang demikian saja. Ada banyak sekali alasan penyebab hp android lemot yang harus Anda ketahui.

Inilah Penyebab Hp Android Lemot

Ada banyak sekali penyebab hp menjadi lemot. Tentunya, saat Anda telah mengetahui hal tersebut maka segera hilangkan kebiasaan yang ada. Sehingga nantinya hp akan kembali bekerja dengan optimal dan juga sesuai dengan kecepatannya.

IKLAN
  • Ketahui memorinya

ketahui memori hpSalah satu penyebab hp android lemot yang paling umum adalah masalah memori. Tipe memori hp akan berbeda-beda. Anda harus tahu berapa banyak memori yang ada dan digunakan sehingga Anda dapat memperkirakan penggunaan memori agar ponsel Anda tidak lemot.

Salah satu kesalahan yang paling besar adalah tak menyadari menyimpan berbagai macam file di memori internal. Hal ini akan sangat berpengaruh pada hp Anda. Mulai kini atur penyimpanan file Anda di memori external, sehingga memori internal tak banyak digunakan dan hp akan dapat berjalan dengan normal kembali.

  • Terlalu banyak aplikasi

penyebab hp android lemot terlalu banyak aplikasiSalah satu penyebab hp android lemot yang berikutnya adalah masalah aplikasi. Jangan heran jika aplikasi yang Anda gunakan ini memakan memori Anda, sehingga perhitungkan dengan bijak penggunaan aplikasi.

IKLAN

Pilihlah aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi. Sehingga dengan hanya satu aplikasi saja maka Anda akan dapat menjalankan berbagai macam kinerja. Jangan lupa juga untuk menghapus beberapa aplikasi yang kiranya sudah tak digunakan agar Anda bisa lebih leluasa dalam mengoptimalkan hp yang Anda miliki.

  • Tak menutup aplikasi

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang adalah tak menutup aplikasi yang sudah tak digunakan. Hal ini bisa menjadi penyebab hp android lemot karena aplikasi yang tak ditutup sejatinya tetap berjalan dan tetap menggunakan memori pada hp Anda.

Sehingga saat sudah tak menggunakan aplikasi, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan menutup semua aplikasi sehingga tak mengurangi penggunaan konsumsi. Cara ini juga berlaku untuk aplikasi yang sudah tak digunakan. Bila perlu hapus saja sesegera mungkin.

IKLAN

Anda bisa menggunakan fitur auto kill yakni fitur yang akan menutup aplikasi yang tak digunakan secara otomatis. Hal ini akan sangat membantu Anda yang suka lupa untuk menutup aplikasi yang telah digunakan.

  • Jangan gunakan widget terlalu banyak

kurangi penggunaan widgetWidget memang begitu menolong untuk penggunaan android di mana widget tak hanya menyediakan tampilan android yang lebih menarik saja. Namun, widget ini juga akan membuat pintasan-pintasan aplikasi yang sering digunakan.

Namun, penggunaan widget ini juga bisa menjadi penyebab hp android lemot sehingga mulai kini jangan banyak gunakan widget saat tak benar-benar penting.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Lemot Terbukti Ampuh!

  • Kurangi penggunaan animasi

Selain cara di atas, yang namanya hp lemot juga bisa disebabkan karena animasi yang terlalu banya digunakan. Aplikasi ini juga bisa membuat android tampak lebih segar dan juga lebih hidup namun, harus dipikirkan kembali terkait memori yang digunakan.

Jangan asal pasang animasi untuk memangkas penggunaan memori. Bukan hanya itu saja, Anda juga sudah mulai harus menyortir kira-kira file apa saja yang layak untuk disimpan dan yang tak layak untuk disimpan.

  • Aplikasi antivirus

aplikasi anti virusSalah satu penyebab hp android lemot yang terkadang memakan memori secara keseluruhan adalah aplikasi antivirus. Aplikasi ini memang perlu untuk suatu hp namun, Anda hanya memerlukan satu saja. Sehingga tak perlu mendownload lebih dari satu macam untuk aplikasi ini. carilah aplikasi yang sesuai dengan ukuran memori dan juga melihat kembali terkait kegunaannya.

Jadi ada berbagai macam penyebab hp android lemot yang harus diketahui. Sehingga, Anda akan bisa lebih mengoptimalkan hp yang Anda miliki dan lebih memberdayagunakan untuk penggunaan yang lebih bermanfaat. Jadi atur memori hp yang ada sebaik mungkin agar tak terjadi lemot dalam segala perangkat hp yang Anda miliki.